Minggu, 20 November 2011

akhirnya menemukan jawaban

besoknya hari selasa, gw masih pusing. untungnya minggu itu perancis ngadain lomba jadi gw cuma kuliah 1 matkul. abis dzuhur gw ngobrol sama ka nisa di masjid dan dia udah bisa nebak apa yang pengen gw omongin ( kerena minggu sebelumnya gw udah sms ka nisa mau ngomongin sesuatu dan semalemnya ka agus sms ka nisa bilang ada maba BASIS yang galau gitu ). setelah dijelaskan gw di ajak ke pedongkelan buat ngajar ngaji ibu-ibu ( program gerakan mahasiswa COMDEV )

ka nisa : kamu tau ga dek apa arti dongkel?

gw : emang apa ka?

' copet. jadi pedongkelan itu tempatnya copet buang dompet'

' lah bahaya dong ka'

' iya makanya kita ngadain pengajian tiap selasa buat ibu-ibu sama minggu buat anak-anak. kan kasian anak-anaknya ga ada contoh yang baik'

JLEB. gw ga nyangka aja ada orang yang rela gitu nyari-nyari tempat kumuh buat ngajar. kan berarti emang udah niat gitu sampe tau filosofinya.

daaaaan gw sampe pedongkelan. sumpah tempatnya kumuh banget. dimana-mana sampah numpuk-numpuk, lalet terbang-terbang dan mcknya jijik abis. gw adalah orang yang gampang kalo mau buang air, tapi di tempat ini ogah banget sumpah.

diapit oleh rumah kumuh dan mck yang bikin geli, ada satu rumah yang fungsinya buat balai pertemuan dan tetep halamannya banyak sampah dan lalet terbang-terbang. gw masuk dan gw nahan nangis. yep, gw mau nangis karena terharu banget. di dalem ada ibu-ibu yang lagi belajar Qur'an sama Iqra. mereka antusias banget pas gw sama ka nisa dateng. ternyata udah ada dua kakak yang dateng

gw disuruh ka nisa ngajarin ibu-ibu baca Iqra. tadinya gw ragu secara gw baca Qur'an masih belepetan, tapi tetep gw coba meskipun dalem hati gw berdo'a semoga ibunya ga sesat gara-gara gw. ibu-ibu yang gw ajarin ternyata beliau udah naik haji dan dia lagi belajar Iqra 1. yap lo gasalah baca. tapi gw seneeeeeeeng banget bisa guna gw dateng ke sana dan ibu-ibu yang gw ajarin juga semangat gitu belajarnya.





                                            ka nisa di depan balai pertemuan

yah akhirnya gw menemukan jawaban. gw harus bertahan di BASIS. mereka, kakak-kakak yang bergabung dalam organisasi ini adalah orang-orang hebat yang sangat berjiwa besar. di saat gw dan yang lainnya apatis terhadap perkembangan agama dan negara, mereka mau meluangkan waktunya untuk umat. perbaikan pemikiran dan solusi masalah sosial adalah urusan penting tambahan mereka. mereka gak dapet apa-apa, bahkan saat demo pun cuma dapet nasi bungkus isi telor sama aqua gelas, itu ga sebanding kalo dibandingin dengan waktu, tenaga, dan uang yang mereka korbankan (untuk investasi akhirat)

standing applause untuk ka nadia, ka nana, ka linda, ka nisa, ka dini, ka ardini, ka bela, ka halimah, ka tika, ka yusuf, ka aday, ka ardy, ka imam, ka tomy, ka iqbal dan kakak-kakak yang ga bisa disebutin satu-satu.

dan untuk BASIS angkatan 2011. milka, dila, susi, nurul dan muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar