Minggu, 20 November 2011

kegalauan pasca RCF

pasca RCF gw di dera oleh banyak kegalauan, halah. yah di RCF gw banyak belajar ttg apa itu peran mahasiswa dan blablabla. daaaaan tanggal 20 oktober 2011 kemarin gw ikut demo, iya aksi turun ke jalan

secara gw orangnya suka cerita-cerita ke orang, jadilah sekelas pada tau gw mau ikut demo tgl 20. temen-temen main gw cuma diem dan berkomentar 'wah kalo gw sih ga suka sama demo-demo gitu din'. pulang RCF gw galau segalau-galaunya mau ikut demo atau gak. gw gak cerita ke nyokap karena gw tau jawabannya 'NGAPAIN KAMU IKUTAN DEMO!'. gw cuma bilang ke bokap, setelah debat tentang pergerakan mahasiswa akhirnya bokap gw cuma bilang, 'yaudah terserah kamu, papa cuma gamau kamu kenapa-kenapa'.

kamis, 20 oktober 2011 gw ikut demo untuk yang pertama kali. dengan dress code baju item karena isu demo hari itu adalah INDONESIA BERKABUNG plus bawa almamater UNJ yang pertama kalinya juga gw pake haha.

sampe kampus gw malu banget sumpah. kalo pake baju atau kerudung item sama bawa almet pasti mau ikut demo itu. yaudah jadinya gw bawa jaket lain lagi untuk menutupi status gw hari itu : massa aksi.

hari itu gw cabut kuliah, yah masa masih maba udah cabut aja, itu yang gw pikirin. ternyata hari itu banyak banget yang ikut aksi turun ke jalan, pertama pawai keliling UNJ dulu pake almet terus ke gerbang UNJ buat naik metro mini ke TKP. sepanjang perjalanan kita semua, massa aksi nyanyi-nyanyi lagu Totalitas Perjuangan, Bangun Pemudi-Pemuda dll yang emang bikin semangat. gw ketawa-tawa di dalem metro mini. sumpek-sumpekan, diliatin orang nyanyi-nyanyi di metro mini, yah baru pertama kali gw ngalamin kaya gitu

metro mini berhenti di depan Hotel Nikko. oke, gw ada di barisan belakang dan gw ga bisa liat itu ujung depannya ada dimana. ternyata yang demo hari itu ga cuma UNJ walaupun emang di dominasi sama anak UNJ. ada SEBI, Universitas Semarang, Unpad, UGM, Yarsi, dll gw ga tau lagi. 

di pinggir jalan kota Jakarta, anjir asep knalpot itu baunya menusuk hidung. panas dan ngemper di pinggir jalan gw jabanin. seketika gw jadi eksis gitu di foto-foto orang, masuk TV One haha ( padahal pas ada kamera gw ngumpet gitu takut diliat emak ). dari depan hotel nikko gw dkk long march sampe patung kuda depan monas.

gw jadi border, benteng barisan supaya ga ada penyusup yang masuk. jalan miring pegangan sama yang lain. capek tapi seru. di depan monas kita berhenti. kakak-kakak orator berorasi di atas mobil sound meneriakan HIDUP MAHASISWA! HIDUP RAKYAT INDONESIA! berkali-kali. nyanyi lagu Totalitas Perjuangan (lagi) dan teriak-teriak segala macem deh sampe tenggorokan gw sakit. 

ada teaterikal juga. jadi ada pocong-pocong gitu yang ceritanya mereka adalah pahlawan Indonesia yang dulu gugur karena ngelawan penjajah, mereka bangkit karena terlalu marah dan kecewa terhadap masyarakat Indonesia saat ini yang bukannya meneruskan perjuangan mereka tapi malah ngerusak bumi pertiwi yang dulu mereka bela sampe mati beneran. tapi pocongnya lucu mukanya warna-warni gitu. di sini gw ketemu Adul sos 2, dia kaget ngeliat gw haha. kalo icha (sos3) karena dia ikut ekskul fotografi jadi dia ikut juga tapi bagian dokumentasi.

udah lama-lama berdiri dengerin orang orasi, kita semua shalat dzuhur di masjid Istiqlal terus makan siang. yah aksi hari itu cukup sampe di situ. cuma sampe situ. kecewa juga sih gw abis ga sampe depan istana negara, soalnya katanya di istana udah banyak banget massa yang mau rusuh. ada buruh segala macem sampe rakyat bela presiden ada semua di sana yang kepentingan demonya beda sama kita, BEM-SI (BEM Seluruh Indonesia). yang jaga? polisi-polisi siap mati pake pagar berduri. wah gila langsung ciut nyali gw

aksi hari itu sukses bikin kaki gw pegel-pegel, muka gosong kena sinar terik matahari, dan perasaan aneh yang mengganjal (halah)

TERNYATA demo itu sebenernya ga rusuh kaya yang di tipi. orang pagi-pagi di UNJ juga udah ada polisi. sepanjang perjalanan sampe long march dikawal polisi, ketawa-tawa juga polisinya, ngobrol-ngobrol malah sama kakak-kakaknya. dan aksi dorong-dorongan yang ada di berita itu hanya tipuan belaka saudara-saudara. kalo datar aksinya, kita mahasiswi janjian sama polwan buat dorong-dorongan, biar seru kata kakaknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar