Minggu, 13 November 2011

Revival Camp FBS

hari jum'at gw lupa tanggal berapa bulan kemaren, gw ikut acara fakultas. gw pikir itu acara kaya tafakur alam gitu. jam 5 peserta kumpul di puri depan BEM Fakultas Bahasa dan Seni, ternyata pesertanya cuma 14 orang, yang maba cuma 5. gw merasa asing karena semua peserta adalah anak-anak rohis, yang cewek kerudung panjang semua, gw masih dina yang dulu. kerudung pecicilan yang ga bisa diem sibuk cengengesan.

lucunya acara fakultas ini bener-bener ngelatih gw buat jadi mandiri. dari UNJ naik bis sendiri sampe puncak, dilepas sama panitia. dari UNJ gw dan kawan-kawan peserta yang kebanyakan senior naik patas 117 sampe pasar rebo dan lanjut naik bis antar kota jurusan garut. di bis, ada sesuatu yang membuat gw terpesona, terharu

gw duduk di pinggir bareng bapak-bapak yang gatau siapa. sebelah gw ka Aday, dan di sebelah ka Aday ada ka Tomy. belakang gw kakak akhwat yang gw lupa siapa namanya. awal perjalanan ka Aday ngelawak terus. gw sama kakak-kakak akhwat di belakang gw ketawa-tawa terus. sampai suatu saat udah berhenti bercandanya, semua diam dan gw sibuk dengan pemandangan di luar jendela bis. pas gw liat di sebelah kanan, Ka Aday, dia lagi baca Qur'an pake senter kecil. Ka Aday, seorang senior yang selalu acting dan membuat gw ketawa terus, malam di bus yang agak gelap, dengan memangku tas besar, dan Al-qur'an lengkap dengan senter kecil. yah seketika gw diam, terharu dengan pemandangan yang gw liat barusan

jam 21.45 kami sampai di pinggir jalan Cisarua, jalan kaki sampe atas, Curug Kembar. jam 00.05 sampe di atas. abis upacara pembukaan kami semua tidur. jam 02.30 peserta di bangunin buat tahajud sama tilawah di mushala sebelah villa kecil tempat kami numpang meninap. dingin banget udaranya. karena gw lagi dapet jadinya gw tiduran sampe jam 4.00.

paginya kami orientasi medan. gw takut pacet karena dari jaman LDKS atau apapun acara 14 gw gak pernah sekalipun digigit pacet. abis itu shalat subuh di alam terbuka. jam 6an peserta masak sendiri pake kompor alam. seru banget, walaupun repot masak pake kompor buatan dari ranting, rumput liar, dan batu sampe jaket gw bau banget asep. dan makannya di alasin daun pisang rame-rame.

abis itu ada kajian tentang Rekayasa Sosial, Gerakan Mahasiswa dan diskusi tentang keadaan Jakarta. di sini gw sadar, ternyata gw udah jadi Mahasiswa, yang omongnnya emang berat dan harus kritis. sorenya simulasi aksi. gilaaa seru banget mamen. yang peserta jadi massa aksi (demo). isu yang kami angkat adalah RSBI. nyanyi totalitas perjuangan. gw jadi border dorong-dorongan sama polisi ( panitia ). tangan gw di pukul pake pelepah pisang, beneran meen. sakit tapi aaaaa seru banget deh pokoknya.

dini hari ada jurit. pos pertama, pos Rekayasa Sosial. gw jalan sama Susi, anak Inggris. di pos ini kami nyanyi Indonesia Raya yang udah lama banget gw ga nyanyiin. Jalan ke Pos 2, Pos Gerakan Mahasiswa. Pos 3, Pos Kesehatan. terakhir pos 4, Pos Komitmen. di pos ini gw berkomitmen. ' Saya akan mengatakan bahwa yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah. saya tidak akan ikut-ikutan teman '. siangnya outbond, mendaki gunung lewati lembah sampe Curug Kembar. Di bawah guyuran air terjun, kami para peserta dilantik menjadi punggawa BASIS 2011. gw resmi menjadi anak BASIS ( Tim Aksi FBS ). abis itu balik ke villa dan berkemas pulang

acara yang singkat dan membuat gw kaget. karena di acara ini pandangan gw tentang 'kehidupan' terbuka. apa itu perjuangan dan apapun itu. yang jelas, gw tau ini adalah awal dari semua kehidupan gw yang sebenernya